Kejahatan Cyber Makin Menggila

Kejahatan Cyber Makin Menggila

Jakarta - Sepanjang tahun 2013 lalu, dunia keamanan internet diguncang beragam peristiwa penting. Serangan demi serangan membuat kejahatan cyber melonjak signifikan.

Dalam laporan terbaru Internet Security Threat Report Symantec 2014 disebutkan terjadi peningkatan serangan hingga 62% bila dibandingkan di tahun 2012. Peristiwa Zero-day adalah salah satunya.

Direktur Sales Marketing Symantec Asean dan Korea Alex Lei mengatakan bahwa, sepanjang tahun lalu serangan cyber menyebabkan 552 juta identitas telah berhasil dicuri. Naik dua kali lipat bila dibandingkan tahun 2011, yang jumlahnya mencapai 232 juta.

"Mereka (penjahat cyber,red) kini lebih sabar untuk mengatur serangannya untuk mendapatkan hasil yang lebih besar dan lebih baik," ujar Lei, di Jakarta.

Selain itu, yang menjadi catatan dari Symantec adalah, di tahun 2013 silam kerentanan zero-day melonjak dibadingkan dengan tahun sebelumnya. Tercatat jumlahnya naik 61%.

"Kerentanan zero-day diincar karena mereka memberikan penyerang alat untuk diam-diam menginfeksi korban mereka tanpa tergantung pada rekayasa sosial," katanya lagi.

Symantec mencatat, ada 23 kerentanan zero-day yang ditemukan mewakili peningkatan sebesar 61% dari tahun 2012 dan lebih dari dua tahun sebelumnya yang digabungkan.


(tyo/tyo) 

0 comments:

Post a Comment