Apple Jajaki Kemungkinan Tinggalkan Prosesor Intel

TEMPO.CO, Palo Alto - Apple diduga sedang menjajaki kemungkinan menggunakan prosesor buatan sendiri untuk menggantikan prosesor buatan Intel, perusahaan pembuat prosesor terbesar dunia, pada komputer desktop-nya.

Saat ini, Apple sedang mengembangkan prosesor seri A6 dan A6X, yang telah digunakan pada peranti ponsel iPhone dan tablet iPad.
"Apple merupakan pembuat tren," kata Sergis Mushell, analis di Gartner Inc. "Perusahaan lain bisa mengikuti langkah ini."

Kemungkinan ini dijajaki karena prosesor buatan Apple semakin membaik kualitasnya. Selain itu, langkah ini juga bisa menekan biaya komponen prosesor komputer Mac.

Apple mulai menggunakan prosesor buatan Intel untuk komputer desktop Mac sejak 2005. Sebelumnya, perusahaan besutan Steve Jobs ini memanfaatkan prosesor Power PC, yang dibuat oleh IBM, Apple, dan Motorola.

Menurut dua orang insinyur yang ditemui Bloomberg, perpindahan prosesor ini tidak terelakkan karena fitur antara komputer Mac dan peranti mobile seperti iPhone dan iPad semakin mirip.
Menurut Mushell, saat ini terjadi perubahan lingkungan dalam dunia digital dari desktop ke mobile. "Jika peranti mobile menjadi lebih penting daripada fungsionalitas, tantangan ke depan bakal berubah."

Juru bicara Apple, Bill Evans, enggan menanggapi hal ini.
Apple mulai mengembangkan prosesor sendiri setelah memproduksi ponsel iPhone lima tahun lalu. Perusahaan ini menggunakan desain prosesor berbasis teknologi ARM, sebuah perusahaan perancang prosesor untuk peranti mobile. 

Apple lalu mengakuisisi sebuah perusahaan perancang prosesor di Silicon Valley untuk mengkustomisasi desain ARM agar optimal untuk peranti mobile buatannya.
ARM, yang berbasis di Cambridge Inggris, juga dikenal melisensikan prosesor buatannya kepada perusahaan pembuat prosesor seperti Qualcomm. 

Perkembangan peranti semikonduktor Apple ini juga tercermin pada perombakan manajemen pada akhir bulan lalu. Saat itu, Bob Mansfield, yang mengepalai pengembangan cip, mendapat posisi baru sebagai kepala Grup Teknologi. 

Saat itu, Tim Cook, chief executive officer Apple, mengumumkan bahwa: "Tim semikonduktor mempunyai sejumlah rencana ambisius ke depan."

0 comments:

Post a Comment