Cara Backup Aplikasi Android dengan Clean Master

Cara Backup Aplikasi Android dengan Clean Master

Setiap aplikasi baik dalam sebuah komputer atau Android sekali pun umumnya berawal dari file Installer atau yang biasa kita sebut mentahan. Namun jika kita mendownload dan memasang aplikasi pada Android dari Google Play,

aplikasi tersebut akan langsung terpasang tanpa kita harus memperoleh Installer-nya terlebih dahulu. Berbeda jika kita mendownload aplikasi Android pada situs lain, file yang kita download pasti berupa installer. File installer sebuah aplikasi Android sendiri yaitu berekstensi .apk.

Ada salah satu kendala setelah mendownload aplikasi Android dari Google Play. Jika sebagian besar aplikasi yang terpasang berasal dari Google Play, maka kita tidak punya Installer dari aplikasi-aplikasi tersebut untuk berjaga-jaga. Misalnya, muncul sebuah masalah pada Android kita yang menyebabkan terhapusnya semua aplikasi. Maka kita harus mendownloadnya lagi satu-persatu agar aplikasi-aplikasi tersebut dapat kembali. Coba jika kita punya installernya, maka kita hanya perlu menginstall ulang aplikasi-aplikasi tersebut.

Tetapi tidak menjadi masalah jika kini sobat telah terlanjur memasang banyak aplikasi dari Google Play. Sobat bisa membuat mentahan / installer dari aplikasi-aplikasi yang telah terpasang tersebut dengan Cara Backup Aplikasi Android dengan Clean Master:

1. Silakan download dan pasang terlebih dahulu Clean Master di Android sobat. Sobat bisa cari software Clean Master ini di Play Store.
2. Jika sudah, buka aplikasi Clean Master, di sana terdapat beberapa Tools, pilih App Manager.


Backup Aplikasi Android dengan Clean Master

3. Lalu pada halaman selanjutnya, tandai aplikasi mana saja yang akan sobat Backup, lalu klik Backup.

Backup Aplikasi Android dengan Clean Master

4. Proses Backup pun berjalan satu-persatu. Tunggulah hingga proses tersebut selesai.

Backup Aplikasi Android dengan Clean Master

5. Akan muncul keterangan bahwa proses Backup telah selesai. Serta akan ditampilkan lokasi penyimpanan file hasil backup aplikasi. Silakan periksa lokasi tersebut, maka di sana terdapat file hasil dari aplikasi yang telah sobat backup tadi dalam bentuk apk.

0 comments:

Post a Comment