Ini `Miss Criminal` Dunia, Cantik Tapi Berbahaya

Ini `Miss Criminal` Dunia, Cantik Tapi Berbahaya

Dia dijatuhi hukuman selama 39 tahun karena kasus perampokan dan tambahan 6 tahun karena pelacuran di dalam penjara.

Ada-ada saja. Sebuah kontes kecantikan tahunan tak lazim diselenggarakan di Brasil untuk memperebutkan gelar Miss Criminal atau Ratu Kejahatan.

Tentu saja pesertanya bukan gadis-gadis cantik dan cerdas, tetapi narapidana wanita yang menghuni sebuah penjara wanita dengan keamanan maksimal di Rio de Janeiro.

Untuk tahun ini, kontes kecantikan yang digelar di penjara Talavera Bruce itu, dimenangkan oleh seorang narapidana berusia 27 tahun bernama Michelle Neri Rangel.

Michelle menghuni kamar tahanan Talavera Bruce sejak 2010, ketika dia dijatuhi hukuman selama 39 tahun karena kasus perampokan dan tambahan 6 tahun karena pelacuran di dalam penjara.

Penjara Talavera Bruce adalah satu-satunya penjara dengan keamanan maksimal, untuk wanita dan menjadi tempat penahanan para pelaku kejahatan paling serius di negara Brasil.

Kontes ini bertujuan untuk meningkatkan harga diri narapidana wanita dan didukung oleh kelompok-kelompok masyarakat dan gereja.

Meski tidak mewah seperti kontes kecantikan pada umumnya, di acara pemilihan Miss Criminal 2015 para peserta mengenakan gaun hasil sumbangan relawan. Mereka juga mendapat make-up dan tata rambut dari relawan. Tidak lupa, para peserta melakukan pose catwalk seperti di Miss World.

Menurut Kementerian Kehakiman Brasil, jumlah wanita yang dipenjara di negara itu meningkat 567 persen antara tahun 2000-2014.

Secara keseluruhan, populasi penjara di Brasil sekarang ini terbesar keempat di dunia, dengan lebih dari 600.000 narapidana ditahan di fasilitas yang dirancang untuk 377.000, menurut Human Rights Watch.

(Ism, Sumber: Mirror.co.uk)

0 comments:

Post a Comment