Fenomenal! Robot 'Hawa' Temukan Obat Kanker dan Malaria

Fenomenal! Robot 'Hawa' Temukan Obat Kanker dan Malaria

Sama dengan manusia, penyakit-penyakit tang ada di dunia ini terus berevolusi dan berubah menjadi semakin ganas, misalnya kanker dan malaria. Kabar baiknya, robot canggih satu ini mampu membuat obat penangkal kedua penyakit mematikan tersebut.


Robot ilmuwan bernama 'Eve' (berarti 'Hawa') itu diciptakan oleh tim peneliti dari Universitas Aberystwyth dan Universitas Cambridge. Eve sendiri mempunyai kemampuan yang spesial, yakni mengenali senyawa yang dibutuhkan untuk menciptakan obat.

Yang mencengangkan, dalam satu hari Eve mampu mengenai 10.000 senyawa baru untuk bahan obat. Tentu saja ini merupakan hal yang mustahil untuk dilakukan oleh manusia dalam waktu satu hari saja.

Kemampuan super tadi yang akhirnya menuntun Eve menemukan dua senyawa bahan obat kanker dan malaria. Menurut penelitian Profesor Ross King yang memakai 'jasa' Eve, dua senyawa tadi mampu berfungsi sebagai anti kanker dan mencegah perkembangan salah satu zat penting di tubuh parasit malaria.

"Setiap industri sekarang bisa memanfaatkan robot, termasuk sains. Penggunaan robot ini mampu mempercepat proses penelitian yang akhirnya menghasilkan sesuatu yang besar," ujar Profesor King, Engadget (05/02).

Saat ini, baik kanker dan parasit malaria memang terus berevolusi dengan sangat cepat. Dampaknya, banyak obat malaria atau kanker yang sudah tidak mempan menanggulangi dua penyakit tadi.

Dengan keberadaan Eve, kini ilmuwan bisa menyalip perkembangan kanker dan malaria untuk menciptakan obat terbaik dan menyelamatkan jutaan jiwa yang menjadi korban dua penyakit mematikan tersebut.

0 comments:

Post a Comment