Jepang Kini Punya Hotel Robot Pertama di Dunia

Jepang Kini Punya Hotel Robot Pertama di Dunia

Sudah hal biasa apabila hotel bintang lima menyediakan makanan mewah dan layanan pribadi, tetapi di Jepang ada yang tidak biasa dengan hotel di Kota Nagasaki .

Semakin canggihnya perkembangan teknologi di dunia, terutama di Jepang, membuat banyaknya penemuan baru di bidang teknologi di antaranya robot. Henn-na hotel di Jepang menawarkan konsep masa depan kepada pengunjungnya. Hotel ini akan dikelola hampir seluruhnya oleh robot.

Hal yang lebih unik, robot teknologi keluaran Jepang tersebut dapat berbicara dalam beberapa bahasa di antaranya Jepang, Korea, China, dan Inggris, akan memudahkan setiap pengunjung untuk berkomunikasi.

Surat kabar the Daily Mail melaporkan, Selasa (10/2), mereka juga seperti terlihat nyata, bisa bernapas, berkedip, membuat kontak mata maupun mengubah bahasa tubuh mereka. Nantinya tiga robot berseragam akan ditempatkan di meja penerima tamu, empat lainnya sebagai pengantar barang dan sisanya sebagai petugas kebersihan. Sementara pegawai manusia akan bekerja untuk memastikan semuanya lancar.

"Kami akan membuat hotel paling efisien di dunia," kata Hideo Sawada, presiden direktur hotel itu, seperti dilansir Japan Time.

Dia berharap 90 persen tugas hotel dapat dikerjakan robot. Canggihnya lagi, nanti tamu tidak membutuhkan kunci kamar karena pintu kamar dilengkapi dengan pemindai wajah.

Kabarnya hotel yang berjumlah 72 kamar ini akan dibuka pada 17 Juli mendatang. Biaya per kamar diperkirakan sekitar Rp 800 ribu per malam hingga Rp 1 juta untuk twin room dan kamar paling mahal berkisar sekitar Rp 4,5 juta.

Jika teknologi ini berhasil karyawan robot akan lebih banyak lagi dipasarkan pada 2020.

Laporan oleh: Vick Almaro

0 comments:

Post a Comment